Kamis, 13 Januari 2011

Indicator Currency Meter

Indicator ini merupakan salah satu indicator wajib juga yang selalu saya pasang di chart metatrader real account saya.

Dari semua software Currency Meter, saya paling suka indicator xMeter yang bisa menunjukan currency apa yang saat ini sedang menguat. Sebagai catatan, indicator ini tidak bisa digunakan untuk longterm dan biasanya hanya EFEKTIF di jam tertentu mulai dari sesi london open (jam 3 sore) sampai sesi london tutup (jam 11 malam) dimana price untuk pair yang berhubungan dengan USD seperti EURUSD,GBPUSD,USDCHF dsb pergerakannya sangat cepat sekali dan diwaktu waktu tersebutlah biasanya garis support/resistance yang kuat bisa ditembus.

Cara pembacaan indicator ini tidak susah. Coba lihat gambar dibawah ini (klik pada gambar untuk memperbesar)

pada gambar tersebut, anda bisa melihat bahwa sekarang currency yang paling kuat meterannya adalah EUR/EURO yaitu dengan nilai 7.7 dan nilai paling rendah adalah index USD dengan nilai 2.5 yang berarti bahwa kita harus BUY/LONG posisi EURUSD dan jangan pernah melawan arah ini kecuali jika anda sudah sangat berpengalaman.

Sinyal yang diberikan oleh indicator ini adalah ketika satu currency nilainya BERBEDA jauh dengan lawan currencynya seperti contoh diatas, atau misalnya ketika index USD 8, EUR 1 yang berarti anda mempunyai kesempatan untuk SELL EURUSD. Sebagai catatan, JANGAN masuk market ketika pair yang anda mainkan nilainya sama atau TIDAK BERBEDA JAUH, misalnya USD 5,EUR 4 yang berarti anda tidak mempunyai sinyal yang jelas.

Tolong diingat lagi bahwa indicator ini biasanya hanya efektif di sesi yang paling aktif misalnya jika ada bermain pair yang berhubungan dengan USD, indi ini paling efektif dijam NY+LONDON sedangkan jika anda bermain dengan pair YEN, indi ini efektif di sesi TOKYO+SYDNEY.
Berhati hatilah ketika setiap Market akan buka/tutup, yaitu diwaktu ketika London Open, London Close, NY Open, dst karena nilai dari Currency Meter tersebut biasanya berubah ubah dengan cepat.

Ini bukan indicator HolyGrail, kadang2 indicator ini tidak akurat ketika HIGH IMPACT news akan keluar jadi berhati hatilah. Paling aman untuk menggunakan indicator ini adalah ketika 30 Menit setelah HIGH IMPACT news TERAKHIR yang berhubungan dengan pair currency anda sudah keluar.

Nama filenya xMeterMTF2.mq4 dan bisa didownload indicatornya disini http://www.mediafire.com/?0518gnqgc1cv3y6

Cara memasang indicatornya sama seperti biasa, download dari link diatas, copy kedalam direktori metatrader4anda/experts/indicators, restart metatrader anda dan tambahkan indicatornya kechart yang anda gunakan.

Sebelum bermain dengan account real, gunakan account DEMO selama 2 minggu atau lebih sampai anda sudah bisa menggunakan indicator ini dan perhatikan gerakan price 30 menit setelah high impact news sudah keluar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar