Minggu, 02 Mei 2010

Grafik Harga Point & Figure

Pada software Trading VT Trader, saya menemukan charting dengan nama 'Point & Figure' yang grafiknya sangat berbeda dibandingkan dengan Barchart, Candlestick ataupun Heikin Ashi.

Dalam chart 'Point & Figure' (selanjutnya disebut dengan PF), saya tertarik karena kita bisa melihat garis Support ataupun garis Resistance dengan lebih jelas dibandingkan dengan chart candlestick dan dalam grafik ini kita juga bisa menggunakan teknik break garis Trendline (turun/naik).

Coba kita lihat perbandingan antara kedua chart tersebut dalam grafik dibawah ini (klik pada gambar untuk memperbesar):

gambar diatas saya buat 3 kotak yang menunjukan bagian grafik yang sama, sebelah kiri adalah grafik PF sedangkan di sebelah kanan adalah grafik candlestick yang umumnya digunakan. Timeframe yang digunakan adalah 1hr dan software yang digunakan diatas menggunakan software trading VT Trader.

Yang menarik lagi dari chart ini adalah, pada grafik 1hr, 1 bar candlestick tidak sama dengan 1hr PF tetapi dipisahkan ketika harga sedang naik atau turun, untuk lebih jelasnya coba lihat dibawah ini (klik pada gambar untuk memperbesar):

Chart PF disini menggunakan strategi yang berbeda dengan Barchart ataupun Candlestick, misalnya kita tidak akan melihat Formasi candlestick seperti Hammer, MorningStar dsb. Strategi yang biasanya dipakai adalah teknik Breakout (harga menembus garis Support atau Resistance) dan Reversal (trend berbalik arah).
Gambar dibawah ini adalah contoh ketika harga menembus garis support/resistance (klik pada gambar untuk memperbesar):

sedangkan gambar dibawah adalah ketika harga break garis trendline (klik pada gambar untuk memperbesar):

Dibulan ke 5 (lima), saya sedang membaca buku Point & Figure Charting oleh Thomas Dorsey dan akan melakukan uji coba pada demo account.

Ada indicator PF yang dibuat untuk MetaTrader yang bisa diunduh disini http://www.forexfactory.com/showthread.php?t=86244
tetapi setelah dicoba tampilannya tidak beraturan dan sering berantakan (lihat gambar)

.. anda tidak ingin menggunakan indicator yang tampilannya tidak meyakinkan bukan ? :)
solusinya, cobalah dengan menggunakan software trading lainnya dan daftar dengan demo account yang gratis.

Kesimpulan sampai saat ini: grafik PF bisa digunakan untuk teknik-teknik breakout dan TLB (Trend line break) walaupun kita juga bisa melakukan teknik tersebut dengan chart biasa ketika harga break garis Support / Resistance, dan chart ini repainting dimana grafik bisa berubah rubah berdasarkan close price. Saya masih belum menemukan Indicator yang bagus untuk MT4 dan sebaiknya anda menggunakan software charting dari broker lainnya yang mendukung PF seperti SierraChart, Amibroker, VT Trader, dsb.

Referensi lain mengenai PF bisa dibaca juga disini:
Penjelasan PF:

Pola PF:

selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar