Kamis, 16 Juni 2011

Pentingnya Catatan Trading Dalam Forex

Tujuan utama dari trading adalah profit/untung secara konsisten setiap bulan dan saya merasakan itu sangat sulit sekali jika kita tidak disiplin. Ketika anda membaca buku-buku mengenai forex, biasanya para penulis yang sudah berpengalaman menganjurkan agar kita mencatat semua alasan trading kita dan mencatat hasil dari trading kita apakah itu menang atau kalah yang biasanya disebut dengan Papertrade.

Setelah 6 bulan trading di tahun 2010, saya terlalu bandel untuk mendengar nasehat itu tapi karena tidak ingin kalah terus dalam forex akhirnya saya mencatat juga semua trading yang sedang dilakukan dan baru merasakan manfaat dari catatan tersebut bahwa ternyata saya kalah karena melakukan kesalahan yang sama secara berulang ulang dan tidak pernah mau belajar dari kesalahan tersebut, dan melalui catatan trading tersebut saya mulai menyadari kelemahan-kelemahan saya terutama dalam hal disiplin dan terlalu emosi sehingga saya mempunyai kesempatan untuk memperbaiki semua kesalahan tersebut ditrading selanjutnya.

Ini penting: Sebelum mencatat trading, anda harus sudah mempunyai strategy dulu dan harus secara disiplin menerapkannya setiap membuka posisi trading.

Ada 2 alat utama yang wajib digunakan untuk mencatat catatan trading kita seperti:
  1. Google Docs / Documents yang bisa didapatkan secara gratis. Fungsinya sama seperti MS Excel yang biasa kita pakai agar kita dapat mengisi semua catatan kita dalam bentuk tabel
  2. Mengambil gambar trading kita untuk memeriksa apakah strategi kita sudah benar/belum. Saya mengambil gambar dari komputer saya yang langsung diupload ke internet dengan software gratis yang bernama 'Jing' http://www.techsmith.com/jing/
Untuk mencatat semua catatan tradingnya, saya menggunakan fasilitas dokumen online dari GoogleDocs . Kenapa saya membuat catatan tersebut secara online ? tujuannya adalah agar saya bisa mengaksesnya darimana saja dan dengan memakai dokumen online anda bisa memperbolehkan teman anda yang lain untuk melihat dokumen tersebut secara langsung/realtime. Anda bisa langsung membuat dokumen Spreadsheet tersebut jika anda sudah mempunyai account google/gmail.

Perlu diingat pula bahwa anda BOLEH memakai strategi forex APAPUN, saya tidak mengharuskan anda harus memakai strategi ini atau itu karena setiap individu mempunyai cara pandang yang berbeda mengenai suatu strategi dan jam/waktu yang nyaman untuk trading.

Kolom-kolom yang digunakan untuk mencatat trading saya bisa anda lihat dibawah ini:
  1. Hari & Tanggal: Kapan anda masuk kedalam market
  2. Gambar Buka Posisi: Link ke gambar yang sudah saya ambil dari software trading
  3. Keterangan. Ada 2 jenis keterangan, yang pertama adalah keterangan kenapa masuk market dan yang kedua adalah catatan trading penting yang harus diingat pada trading selanjutnya
  4. Alasan Masuk Market: biasanya saya sisipkan dengan Jam kapan saya buka posisi dan cerita kenapa saya masuk kedalam market
  5. Update Posisi: cerita lanjutan dari posisi trading yang sedang aktif
  6. Gambar Close: link gambar yang saya ambil ketika posisi diclose
Ini contoh spreadsheet catatan trading saya di GoogleDocs: (klik pada gambar untuk memperbesar)


dan ini contoh gambar screenshot dari software tradingnya: (klik pada gambar untuk memperbesar)

dari catatan tersebut perhatikan bahwa saya mencatat semua catatan penting yang merupakan hasil kesimpulan dari setiap trading, jika catatan penting tersebut tidak selalu benar maka saya mencoret catatan penting tersebut. Jadi saya bisa menyimpan catatan penting apa saja yang resikonya lebih kecil/kemungkinan menangnya lebih besar.

Warna juga digunakan dalam catatan ini, kalau warna MERAH berarti trading tersebut loss dan warna BIRU menunjukan ketika posisi tersebut profit/untung.

Ketika account saya kalah besar/margin call, saya membaca ulang/review dari catatan saya KENAPA hal tersebut bisa terjadi dan dengan memakai diary trading kita dapat melihat alasan2nya dengan lebih jelas dibandingkan tanpa mempunyai catatan. Misalnya kesalahan dari trading2 saya adalah suka memakai leverage tinggi, ketika menang suka melipat gandakan jumlah posisi trading, tidak disiplin dan suka menambah posisi ketika sedang kalah, intinya adalah JANGAN MENGULANGI kesalahan2 tersebut karena kita harus belajar dari pengalaman yang sudah terjadi. Jika anda tetap mengulangi kesalahan yang sama walaupun catatan tersebut sudah jelas maka anda sudah tahu jawabannya bukan? anda tidak akan pernah profit secara konsisten !!.

Akhir kata, apakah anda ingin profit secara konsisten? apakah anda mengalami keragu raguan dalam trading atau tidak percaya diri dengan strategi anda ? sekarang saya sebagai trader ingin memberikan nasihat bahwa jika anda ingin berubah menjadi lebih baik, lebih disiplin, lebih mengontrol emosi dan ingin mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan anda kalah sebaiknya anda mulai mencatat log trading anda mulai dari hari ini, lebih baik terlambat daripada tidak dimulai sama sekali.

Sampai detik inipun saya masih mencatat semua trading saya dan saya melihat perjalanan mempelajari market forex ini harus dijalani dengan lebih hati-hati.

18 komentar:

  1. Saya agy, newbie...Makasih sharingnya mas, sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  2. Salam Mas Riki. Ulasan Mas Riki ini sangat bermanfaat dan patut dicontoh. Sebelumnya saya jg catat trade saya, tapi karena manual so tidak konsisten.
    Oya, kalau boleh minta dong FFactory Calendernya Mas. Harap berkenan ke sini: abu.izzat2009@gmail.com, Semoga balasan pahala terlimpah untuk Njenengan.
    Keep sharing ya mas.

    Terima Kasih
    Habufath

    BalasHapus
  3. Thaks infonya om. Dengan catatan trading ini maka kita bisa melakukan evaluasi trading, Sehingga trading kita akan lebih baik lagi. Saya baru mulai trading dengan menggunakan welcome bonus $8 dari OctaFx.

    BalasHapus
  4. sharing yang menarik, bro.
    evaluasi dalam kita menggeluti trading forex memang penting untuk dilakukan. dengan melihat perkembangan performa kita dalam trading dari waktu ke waktu akan dapat membuat kita semakin matang dan mampu menguasai trading forex dengan lebih baik lagi. evaluasi yang dilakukan akan semakin menegaskan bahwa dalam kesempatan trading berikutnya kita tidak boleh melakukan lagi kesalahan-kesalahan yang seperti telah lalu yang kita lakukan pada kesempatan trading dan menyebabkan trading kita berlangsung kurang baik. saat ini saya sedang mencoba mengelola akun Micro saya di OctaFX dengan berbekal minimal deposit $5.

    BalasHapus
  5. the evaluation must be done by every trader, because with the merchant's evaluation will be able to know where the location of his trading mistakes and will be directly repaired, but also traders will improve the performance of his trading in a good direction and choose broker FXB Trading, because brokers are very brokers extraordinary that will provide assistance to the trader to be successful in the forex business.

    BalasHapus
  6. FXOptimax indonesia
    Program kemitraan terbaik
    https://secure.fxoptimax.id

    BalasHapus
  7. Pasang KODE REFFERAL : bLM077
    Dana (dompet digital)...di play store.
    Dapatkan penghasilan Jutaan.
    tanpa modal....cukup hp android saja.
    begitu berhasil anda langsung mendapatkan Rp 25000.
    diskon makan di Kentuky fried chicken 50%
    diskon makan di bakmi GM 50%
    diskon nonton di XXI 50%

    BalasHapus
  8. Sepertinya memang penting untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat luas tentang bagaimana aturan dan regulasi forex, dan pengenalan akun syariah. pemberian pemahaman tentang perbedaan forex dengan judi agar tidak ada lagi orang yang menganggap forex = judi.
    dan jika ada trader yang ingin bebas dari swap,,
    Dapatkan akun bebas swap yang sesuai dengan hukum Syariah di tickmill

    BalasHapus
  9. Most popular Forex signals and reliable Forex signals service provider are Hot Forex Signal. Use buy Forex signals service via Hot Forex Signal company.

    BalasHapus
  10. World Wide famous accurate Forex signals service provider is Usa Forex Signal. Visit for Forex signals service.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Forex Signals Es is the best Forex signals and accurate Forex signals service provider in the world. Get reliable forex signals and honest service by Forex Signals Es.

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Forex Signals Es is the reliable Forex signals
    and best Forex signals service provider in the world. Get accurate forex signals service by Forex Signals Es.

    BalasHapus