Jumat, 10 Desember 2010

Tips dalam Forex dan Hadiah dari Etoro

Alhamdulillah, setelah menekuni Forex dari bulan Desember 2009 (jalan 1 tahun) akhirnya bisa profit juga sedikit sedikit dan bisa masuk ranking 62 dari 100 besar di broker forex Etoro, lumayan dapat tambahan hadiah modal sebesar 100 dollar. Jangka waktu bisa masuk ranking etoro sekitar 3 mingguan sejak modal/deposit terakhir yang dimasukkan sekitar 70 dollar. (klik pada gambar untuk memperbesar)

Perjalanan yang cukup pahit dan frustasi pernah dialami dan modal yang dikeluarkanpun tidak sedikit. Biasanya saya menyisihkan uang sebesar 1 juta rupiah/100 usd untuk trading di mini account lalu mencoba untuk bertahan agar tidak bangkrut, jika bangkrut saya bermain demo dulu atau ikutan turnamen lalu deposit lagi sebesar 1 juta lagi. Pernah ada teman yang menanyakan 'Kenapa kok modalnya kecil sekali? gimana mau untung?' lalu saya menjawabnya dengan sederhana saja: 'Kita itu harus belajar memahami dunia forex dulu sampai kita benar2 yakin dan profit secara konsisten.. kalau masih belajar dan menggunakan modal uang yang besar itu namanya konyol. Apa hal yang menjadi patokan kita profit secara konsisten? gunakan modal kecil lalu lipatgandakan uang itu dalam jangka waktu 1 bulan, setelah itu barulah anda boleh memperbesar modal anda secara BERTAHAP.'

percaya atau tidak, dibawah ini account real saya di etoro dengan modal awal 70 dollar berikut daftar transaksi terakhir di bulan Desember ini, sekarang totalnya sudah 1000 dollar dan sekarang pastinya lebih berhati hati lagi ketika mau masuk market. Dalam daftar transaksi dibawah ini, saya biasanya membuka beberapa posisi dan penutupan setiap transaksi dilakukan secara bertahap.(klik pada gambar untuk memperbesar)

Forex itu memang perjuangan untuk mempertahankan balance kita dan kita harus memproteksinya sekuat mungkin. Buku2 dan video2 tutorialpun saya lahap setiap minggu untuk memperbanyak ilmu sebelum mulai trading dari hari senin. Sekarang saya sudah mulai percaya diri setelah disiplin dalam bertrading dan tidak akan mengulangi kesalahan2 yang dulu pernah dilakukan (tips2nya akan saya tulis dibawah).

Lalu bagaimana kita bisa profit di forex? dari pengalaman saya, semua ilmu yang saya pelajari itu secara tidak sadar membuat kita lebih mengenal bagaimana pergerakan harga forex setiap hari atau bahasa lainnya 'karakteristik pergerakan harga di pair currency' dimana saya sekarang hanya fokus ke SATU currency saja yaitu pair EURUSD karena spreadnya paling kecil dan pergerakannya lebih teratur (ketika uptrend/downtrend jalurnya jelas sekali di daily chart).

Dari semua pengalaman itu, saya ingin membagi beberapa tips bagaimana caranya agar bisa profit didunia forex yang sangat kejam:
1. Pelajari sampai benar2 paham kapan berita / news Forex akan keluar, dan BUKAN berarti anda harus masuk market ketika news keluar, saya sudah mengulasnya diartikel yang terdahulu http://rikirisnandar.blogspot.com/2010/05/strategi-newstrading-dalam-forex.html
2. Pelajari teknik dan psikologi forex terutama garis SUPPORT dan RESISTANCE, sekalian pahami mengenai garis SWEET SPOTS
3. Pelajari Trend Jangka pendek, indicator yang biasa saya gunakan adalah Heiken Ashi
4. Gunakan platform trading Meta Trader, software ini mempunyai tools/indicator yang sangat2 bermanfaat untuk masuk ke dalam pasar forex
5. Jangan terlalu lama bermain di DEMO account karena account DEMO tidak melibatkan emosi kita ketika kalah/menang. Gunakanlah account asli walaupun uangnya sedikit dan anggaplah bahwa uang sedikit tersebut uang terakhir yang anda punya.

Ini hal yang paling penting dan merupakan titik balik dimana saya bisa profit dalam forex:
1. Gunakan DAILY CHART sebagai patokan apakah harga sedang naik atau turun dan pakailah timeframe 1hr untuk masuk kedalam pasar
2. Jangan OVERTRADE / melakukan trading lebih dari 2 kali dalam 1 hari ! saya selalu masuk pasar ketika jam Frankfurt/London buka dan mengamati di sesi jam New York sampai sesi London tutup.
3. Tutup posisi kalau anda TIDAK YAKIN !
4. Jangan OVER LEVERAGE / memasang posisi yang terlalu besar dan bisa mengakibatkan anda bangkrut dalam 1 trade. Saya biasa maksimal memasang 10% dari balance yang ada. Over leverage akan membuat anda tidak fokus dan suka membuat kesalahan2 yang konyol, stress dan dijamin anda pasti kalah, saya sudah mengalaminya berkali kali
5. Jangan gunakan timeframe kecil, dari dulu saya menggunakan tf 1menit, 5menit sampai dengan 30menit tapi hal tersebut membutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi dan saya sendiri akhirnya selalu bangkrut(kadang menang kadang kalah tapi seringnya kalah karena volatilitynya tinggi dan spread yang kita bayar ke broker juga tinggi)
6. Ketika masuk market usahakan buka 2 POSISI, misalnya anda mau buka posisi BUY berarti anda buka 2 posisi BUY, tutup satu posisi ketika untung dikisaran 30pips dan posisi yang satunya set stoploss ke breakeven.
7. Ketika posisi anda profit dan arah anda sesuai dengan arah di daily chart, TAHAN terus sampai arah di daily chart berubah, dijamin cara ini bisa menambah profit anda berlipat lipat.
8. Fokus ke SATU pair currency saja sampai anda benar2 mengenal karakteristiknya
9. Jangan masuk market minimal 3 jam sebelum high impact news keluar, anda akan dibantai oleh market dengan pergerakan harga yang benar2 tidak jelas


Gaya / strategi yang diatas tadi pastinya bisa juga berbeda dengan orang lain dan saya hanya menceritakan pengalaman nyata saja. Hal yang paling penting dalam trading saya adalah dimana saya mulai disiplin dalam menghindari OVERTRADE, dimana biasanya saya mencari kesempatan masuk market ketika London open sampai London tutup dan tidak pernah lagi masuk di sesi Asia (Sesi Sydney/Tokyo)

3 komentar:

  1. saya mau pasang banner Etoro, gimana caranya mas, ditunggu balasannya

    BalasHapus
  2. Maaf mas, untuk uraian no 5. Jangan gunakan timeframe kecil, dari dulu saya menggunakan tf 1menit, 5menit sampai dengan 30menit tapi hal tersebut membutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi dan saya sendiri akhirnya selalu bangkrut <<< mungkin sy yg nubie ingin menjelaskan dikit,, mhn maaf jika salah ,, Sebenarnya TF yg besar dan kecil ,, adalah sangat penting diketahui ,,, TF besar digunakan untuk tren, dan TF kecil sy gunakan untuk Entry,,, Saya selalu berusaha masuk di TF yg kecil dalam hal ini TF 5 menit,,, dan saya melihat arah dari TF 15 menit,, dan ambilan saya 20-40 pip,,, dan ternyata sering berhasil mas,,

    BalasHapus