Selasa, 16 Maret 2010

Forex tenyata susah

Mulai dari Januari 2010 sampai Maret 2010, belajar forex ternyata tidak gampang, bisa membuat frustasi, dan harus banyak belajar mengenai semua hal yang berpengaruh terhadap pergerakan mata uang baik itu dari sisi teknis maupun dari sisi fundamental. Banyak sekali yang harus dipelajari mulai dari cara menggunakan software trading, pengetahuan tentang perekonomian,mencari indicator untuk software trading kita, testing demo, belajar psikologi trading, belajar disiplin,membaca grafik harga, dsb.

Ketika kita belajar forex itu kita seperti belajar dari SD (Sekolah Dasar) lagi, trus masuk SMP, SMU, Kuliah dan akhirnya bekerja. Memang tidak selama itu sih .. hehe tapi cukup banyak memakan waktu sampai kita benar-benar bisa memprediksi arah harga dengan kemungkinan yang cukup tinggi (tidak ada yg bisa menebak 100% arah harga dalam forex).

Saya memfokuskan ke forex selama 3 bulan ternyata masih belum mengerti tentang kemana arah pergerakan harga untuk hari ini, minggu ini atau bulan ini. Saya tidak tahu pasti berapa lama seorang trader itu bisa profitable, apa 1 tahun? 2 tahun? 3 tahun?

Dari beberapa forum saya membaca bahwa untuk menjadi professional yang artinya mulai mengerti tentang pasar forex itu antara 1 tahun sampai 3 tahun..fiuh.... jadi rasanya tidak mungkin kita bisa cepat kaya dalam waktu 3 bulan saja :) walaupun ada itupun orangnya ajib alias ajaib.

Beberapa hari yang lalu saya membaca artikel bahwa melakukan intraday trading itu resikonya sangat2 tinggi sekali karena arah harga yang naik turun gak karuan/random, apalagi ketika ada news yang efeknya besar dan saya menyadari bahwa selama 2 bulan terakhir saya melakukan intraday trading dan hasilnya NOL BESAR.. alias kalah terus, perbandingannya sekitar 50% menang,70% kalah.. Account Real saya di InterbankFX yang asalnya terisi dollar sekarang NOL. Setelah itu saya mulai menghindari intraday trading dan sekarang sedang fokus ke swing trading yang mana setiap transaksi itu ditahan beberapa hari (atau malah sampai 1 minggu) dan sekarang yang harus dicari adalah 'bagaimana dan kapan kita masuk ke pasar forex' untuk melakukan swing trading, pusing rasanya kan melihat tanda Negatif di software trading kita yang makin lama makin besar/rugi ketika kita salah timing waktu masuk ke pasar forex.

Saya sadar sekarang bahwa forex itu adalah INVESTASI, yang mana investasi itu harus kita tahan beberapa hari/minggu/bulan agar dapat menguntungkan. Mungkin juga karena kepribadian saya lebih ke Swing Trading yang kebalikan dari Trader Scalper. Dengan Swing Trading kita bisa mendapatkan ratusan pips !! bentul itu dan saya sudah membuktikannya. Saya dengar bahwa kita bisa mengambil beberapa pips saja dari forex misalnya cuman 3 atau 10 pips dan harus puas dengan itu, alamakk...kecil ya.. mungkin bagi Scalper mereka nyaman dengan mengambil beberapa pips saja tapi saya ingin ratusan pips !! dan tidak harus memelototi komputer terus sampai mata perih.

Setelah beberapa hari ini mencoba Swing Trading, lumayan sudah mulai terbaca pergerakan harganya dan mulai mendapatkan puluhan pips. Jadi, di Bulan ketiga ini saya akan konsentrasi ke cara tradisional dalam trading yaitu TREND TRADING, Swing Trading dan Best entry /waktu yang tepat untuk masuk ke dalam pasar forex dengan membaca banyak buku. Buku yang sudah saya baca minggu ini adalah 'Trend Following - Michael Covel' dan 'Getting Started in Swing Trading - Michael C Thomsett'. Dibuku itu sepertinya banyak mengulas strategi untuk Pasar Stock jadi banyak halaman yang dilewati karena tidak dapat diimplementasikan dalam Forex.

Oia ini hasil trading hari ini, mayan dapat sekitar 300 pips dalam 1 hari dan akan terus saya tahan sampai trendnya membalik. (klik pada gambar untuk memperbesar, kolom profit dalam 'point'). Saya akan terus coba teknik Swing Trading ini dalam beberapa minggu ini sambil baca2 buku lagi, setelah kepercayaan saya sudah mantaps baru akan live trading di real account FX Clearing.


Hari ini GBPUSD dan GBPJPY meroket karena ada berita bagus untuk Inggris ditambah akan ada announcement dari US mengenai Interest Rate yang akan keluar sebentar lagi. Saya tidak memakai stoploss dan takeprofit dulu karena masih riset dengan cara trading ini, mungkin untuk kedepannya akan dipikirkan lagi untuk SL (stoploss) dan TP(takeprofit)nya.

3 komentar:

  1. perbedaan teknik OP masing2 jenis treding apa ya mas?

    BalasHapus
  2. tapi kalau dilatih jadi gampang kok mas.

    BalasHapus
  3. kalau yang saya rasakan dalam menjalankan trading forex ini susah-susah-mudah, bro. memang bisa dipastikan setiap trader akan/pernah mengalami kesulitan atau kendala dalam menjalankan kegiatan trading, namun ketika kita terus berupaya untuk terus mengasah dan melatih kemampuan trading kita agar semakin meningkat dan senantiasa memperdalam pengetahuan trading kita, tentu kesulitan-kesulitan yang ada bisa diatasi dengan baik. saat ini saya memanfaatkan kesempatan berlatih pada akun demo di OctaFX untuk mengasah kemampuan trading yang saya miliki. disamping itu, saya pun berusaha untuk mengikuti kontes trading demo "OctaFX Champion" yang diadakan secara rutin oleh OctaFX. kesemua hal tersebut merupakan sarana yang tepat bagi saya untuk melatih dan mengasah kemampuan trading agar kedepannya dapat lebih baik lagi.

    BalasHapus